Apa itu Fraksi Harga Saham? Investor Wajib Tahu Sebelum Transaksi !!

Apa Itu Fraksi Harga Saham

Apa itu fraksi harga saham – Fraksi harga saham, istilah penting bagi investor di pasar modal, memastikan transaksi yang transparan dan efisien.

Saat ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya investasi. Namun, tampaknya ada kurangnya pemahaman seputar konsep-konsep penting, seperti fraksi harga saham.

Dalam ulasan berikut, yuk pelajari semua tentang apa itu fraksi harga saham dan bagaimana cara kerja dari fraksi harga saham tersebut, berikut ulasan lengkapnya..

Apa Itu Fraksi Harga Saham?

Dalam negosiasi perdagangan saham, Bursa Efek Indonesia menggunakan sistem yang dikenal dengan konsep fraksi harga saham sebagai pedoman yang sangat membantu.

Investor yang ingin membeli saham dibatasi oleh sistem ini dalam hal sejauh mana mereka dapat menawar perubahan harga saham.

Peraturan II-A-Kep-0023/BEI/04-2016 telah menetapkan fraksi perubahan harga saham di Bursa Efek Indonesia.

Untuk menciptakan perdagangan yang teratur, efisien, dan transparan, semua investor wajib mematuhi peraturan yang mengatur pembagian harga saham.

Sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, adanya pedoman yang adil memastikan keuntungan tambahan.

Siklus ekonomi dapat terhalang oleh hambatan dan kegagalan tanpa aturan yang mengatur fraksi harga dan perubahannya.

Mencoba untuk mencegah likuiditas aset negatif akibat revaluasi, aturan fraksi harga saham diberlakukan.

Baca juga: Pentingnya memahami buyback saham

Bagaimana Cara Kerja Fraksi Harga Saham?

Ketika datang ke perdagangan di pasar modal, harga terutama ditentukan oleh interaksi permintaan dan penawaran pasar.

BEI telah menetapkan fraksi harga saham terbaru di pasar modal di Indonesia, di mana sistem ini tidak diterapkan.

  • Saham di bawah Rp 200 masing-masing dapat dibeli dengan pecahan kecil Rp 1.
  • Saham senilai Rp 200 hanya dengan Rp 2. Dengan fraksi harga, Anda bisa mendapatkan sekumpulan saham senilai Rp 500.
  • Sekelompok saham bernilai Rp 500 – Rp 2.000 per saham, dan fraksi harga Rp 5.
  • Saham dengan nilai Rp 2.000 – Rp 5.000 per saham dijual dengan harga sepersekian dari harga Rp 10.
  • Jika saham bernilai Rp 5.000 atau lebih, fraksi harga Rp 25 akan berlaku.

Pedoman bagi investor adalah memimpin keputusan jual beli dengan memperhitungkan perubahan fraksi harga saham.

Sistem secara otomatis akan membatalkan order trader atau investor yang melanggar aturan tersebut jika diketahui.

Dapat disimpulkan bahwa aturan yang dikeluarkan mengenai pembagian harga saham oleh BEI harus dipatuhi dan tidak dapat dibantah oleh pihak manapun.

Bagaimana Dampak Perubahan Fraksi Harga Saham?

Selama proses transaksi, investor terlindungi dan pasar distabilkan oleh perubahan fraksi harga saham, yang juga mencegah spekulasi nilai.

Fluktuasi perdagangan dapat memiliki berbagai efek pada investor, seperti perubahan fraksi harga saham.

Baca juga: Pentingnya memahami take profit dan stop loss

1. Stabilitas Harga Pasar

Untuk menjaga stabilitas harga saham, pasar modal mengandalkan penentuan fraksi harga saham.

Setiap saham yang diperdagangkan di pasar keuangan tidak akan mengalami lonjakan dramatis atau anjlok nilainya.

Saham di pasar modal secara bertahap akan meningkat dan perlahan menurun karena adanya harga pecahan.

Investor, ketika mereka ingin melakukan perdagangan, harus memastikan bahwa mereka memanfaatkan momen yang tepat dengan biaya yang masuk akal.

2. Menghindari Spekulasi Nilai

Spekulasi seringkali dapat dicegah dengan fraksi harga, yang biasa disebut saham goreng.

Investor, dalam tindakan yang tidak etis, biasanya melakukan skema ini dengan membeli saham secara strategis dengan harga yang melambung tinggi. Tujuannya adalah untuk menciptakan rasa permintaan dan daya pikat yang salah untuk aset spesifik ini di antara calon pembeli.

Menjual dengan harga yang ditentukan oleh spekulan, jika berhasil, akan mengakibatkan pembeli tertarik dan nantinya mendapat untung dari penjualan kembali.

Akan ada sejumlah besar investor pemula yang dirugikan jika praktik ini terus berlanjut.

Di luar batas normal, spekulan tidak bisa menawar harga karena ditentukan fraksi harga saham.

3. Investor Menjadi Lebih Aman

Investor yang bertransaksi di pasar modal menemukan rasa aman pada fraksi harga saham. Keuntungan ini unik untuk berbagi fraksi harga.

Keterbatasan waktu dan modal yang minim membuat investor ritel kesulitan untuk membeli saham dalam jumlah besar dengan nilai tinggi.

Transaksi bisa berjalan lancar dengan tetap melindungi investor ritel, meski biasanya jumlahnya lebih banyak dari investor institusi.

Untuk memastikan kelancaran pasar modal, investor ritel dapat dengan mudah mengakses saham berkat hadirnya harga pecahan.

4. Likuiditas Pasar Modal Meningkat

Likuiditas pasar modal dapat ditingkatkan dengan menentukan harga pecahan saham. Ini juga dapat memberikan keuntungan lain.

Pasar modal melihat berbagai transaksi dalam hal jual beli saham, yang menentukan likuiditas.

Menunjukkan bahwa ada banyak individu yang terlibat dalam transaksi saham, tingkat likuiditas yang lebih tinggi di pasar modal terbukti.

Untuk memastikan kemajuan ekonomi, sangat penting untuk mempertahankan roda pembangunan.

5. Investor Mendapat Keuntungan Maksimal

Untuk benar-benar mengoptimalkan keuntungan finansial mereka, investor harus yakin akan stabilitas harga pasar dan tindakan perlindungan yang ada.

Investor dapat melakukan transaksi jual beli saham secara efisien karena adanya pedoman pembagian harga saham yang mengedepankan transparansi.

Contoh Fraksi Harga Saham

Berikut adalah contoh yang akan memberi Anda lebih banyak kepastian – misalnya, fraksi harga langsung yang umum ditemui.

Misalnya, Rp 300 per saham adalah harga jual yang ditawarkan PT. ABC. Sesuai pedoman, harga akan naik Rp 2, sehingga harga pembelian akhir Rp 302 bagi investor.

PT. ABC akan mematok harga Rp. 302 dengan maksimal kembalian yang dapat dinaikkan menjadi Rp. 20 per saham atau mencapai harga Rp. 320 dengan melakukan penawaran berjenjang.

Fraksi harga saham adalah konsep yang dijelaskan di sini. Kami akan membahas cara kerjanya, efek perubahan, dan memberikan beberapa contoh.

Diberikan oleh Bursa Efek Indonesia, fraksi harga saham menjadi pedoman yang sangat membantu untuk melakukan transaksi di pasar modal.

Investor dapat memastikan transaksi aman dan mencegah terjadinya terlalu banyak penawaran saham dengan memperhatikan dan mematuhi ketentuan ini dengan cermat.

Baca juga: Pentingnya memahami buyback emas bagi investor

Kenapa BEI Harus Menetapkan Fraksi atau Pecahan Harga Saham?

Untuk mempromosikan rasa keteraturan dan transparansi di pasar modal Indonesia, Bursa Efek Indonesia menerapkan aturan fraksi yang bertujuan untuk mencegah volatilitas harga saham yang tinggi. Dengan demikian, hal itu menumbuhkan suasana daya saing yang sehat di antara para pedagang saham.

Penggunaan fraksi  dalam harga saham menawarkan manfaat tambahan karena mendorong investor yang ragu-ragu dan berhati-hati untuk memasuki pasar saham berisiko tinggi. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan peningkatan jumlah investor, sehingga meningkatkan nilai saham secara keseluruhan.

Harga saham tidak lagi menjadi sumber kebingungan bagi investor dalam menghitung dan memantau transaksi saham yang masuk. Ini adalah keuntungan tambahan yang tidak boleh diabaikan.

Bagi investor yang bertransaksi di dalamnya, aturan yang dikeluarkan BEI untuk fraksi harga saham ini sudah tepat dan mudah diikuti. Akibatnya, sebagai kesimpulan. 

Saat pasar modal buka, penting untuk memantau harga saham yang berlaku untuk mengklasifikasikan sebagian kecil saham yang Anda miliki. Klasifikasi ini dapat berubah karena harga saham mencapai ambang batas yang telah ditentukan untuk masing-masing kelompok.

Kenaikan Harga Saham Berdasarkan Apa?

Ketertarikan investor untuk membeli saham bermula dari fundamental perusahaan yang kokoh, termasuk keuntungan yang tinggi, yang pada akhirnya berujung pada kenaikan harga saham. Konsekuensinya, investor yang melakukan transaksi dengan saham menentukan harga aktualnya.

Selain buyback emiten, berbagai kontributor dapat menyebabkan kenaikan harga saham, termasuk aksi korporasi.

Kebijakan pemerintah seiring dengan kurs Rupiah saat ini berdampak pada harga saham yang juga dipengaruhi oleh ekonomi makro.

Untuk mengetahui terjadinya kenaikan harga saham, Anda harus memperhatikan jam operasional pasar modal Indonesia. Hanya pada periode-periode tertentu inilah harga saham akan menyimpang sejalan dengan transaksi yang terjadi.

Kesimpulan

Singkatnya, sebagian kecil dari harga saham melayani tujuan penting dalam bidang investasi. Tujuan ini berkisar dari mengurangi risiko dan menurunkan biaya hingga meningkatkan likuiditas pasar dan memperluas prospek investasi di seluruh dunia.

Investor yang ingin memanfaatkan potensi pertumbuhan pasar saham dapat menemukan fraksi harga saham sebagai pilihan investasi yang menarik, terutama jika mereka ingin berinvestasi dalam jumlah yang lebih kecil.

Temukan lebih banyak artikel tentang saham dan investasi lainnya hanya di kami. Semoga informasinya membantu!