Apa itu merger? Merger adalah salah satu jargon yang sering Anda dengar dalam bisnis yang perlu Anda ketahui karena bisa terjadi pada perusahaan Anda.
Singkatnya, merger adalah penggabungan dua atau lebih perusahaan untuk membentuk bisnis gabungan baru.
Tentunya hal ini memiliki kelebihan dan tantangan tersendiri baik bagi pemilik usaha maupun karyawan perusahaan.
Nah, untuk mengetahui secara detail apa itu penggabungan, mari kita simak artikel berikut ini.
Apa Itu Merger?
Merger adalah kesepakatan antara perusahaan untuk bersama-sama menciptakan bisnis baru.
Penggabungan kedua perusahaan biasanya melibatkan transfer kepemilikan melalui pertukaran saham atau pembayaran tunai.
Intinya, kedua perusahaan menyerahkan saham mereka dan menerbitkan yang lain sebagai korporasi baru.
Jika dua perusahaan bergabung, branding baru biasanya diperlukan setelah merger.
Perusahaan gabungan memiliki aset gabungan, kemampuan yang lebih baik, dan pangsa pasar yang lebih kuat.
Namun, merger tersebut juga menghadapi beberapa tantangan yang cukup berbahaya.
Karena itu, banyak pengusaha memilih mengakuisisi perusahaan yang lebih kecil daripada bergabung dengan perusahaan lain.
Baca juga: Apa itu akuisisi?
Apa Perbedaan Merger dan Akuisisi?
Istilah merger sering dianggap sama dengan akuisisi, meskipun kedua istilah tersebut berbeda. Perbedaan antara merger dan akuisisi adalah keberadaan perusahaan.
Intinya adalah dalam merger, dua perusahaan bergabung dan membuat perusahaan baru.
Namun, dalam pengambilalihan, hanya satu perusahaan yang mengambil alih perusahaan lain dan mendapatkan semua aset dan pengelolaan perusahaan itu.
Jelas perbedaan antara merger dan akuisisi adalah bahwa perusahaan yang menggabungkan diri tidak memperoleh manajemen salah satu perusahaan.
Sedangkan dalam akuisisi, perusahaan kehilangan manajemen sehingga kehilangan keberadaannya atau dinyatakan sebagai pemilik baru.
Alasan Perusahaan Melakukan Merger
Meskipun tidak mudah, ada beberapa alasan mengapa perusahaan melakukan merger.
Menurut Investopedia, merger merupakan hal yang lumrah karena membawa banyak keuntungan, yaitu:
1. Sinergi
Kombinasi kedua perusahaan tersebut akan memberikan lebih banyak keuntungan bagi pemegang saham.
Seringkali, sinergi dapat dicapai melalui merger.
Ini akan meningkatkan nilai bisnis yang baru terbentuk setelah merger.
Sinergi merupakan hal penting yang diperoleh perusahaan hasil merger jika dapat bekerja sama.
Ada dua jenis sinergi, sinergi pendapatan dan sinergi biaya.
Sinergi pendapatan adalah sinergi yang meningkatkan pendapatan perusahaan karena perluasan pasar, diversifikasi produksi, kegiatan litbang, dan lain-lain.
Sementara itu, sinergi biaya mengacu pada pencapaian struktur biaya yang lebih rendah melalui merger yang meningkatkan skala ekonomi, membuka teknologi baru, dan menghilangkan biaya tertentu.
Baca juga: Apa itu bandar saham?
2. Diversifikasi
Merger adalah salah satu cara di mana para pelaku bisnis umumnya melakukan diversifikasi.
Perusahaan dapat mendiversifikasi operasi bisnis mereka dengan memasuki pasar baru dan menawarkan produk atau layanan baru.
Ini juga termasuk manajemen risiko untuk mengurangi kemungkinan kerugian dari operasi perusahaan.
3. Akuisisi aset
Konsolidasi juga dapat dilakukan untuk mendapatkan aset tertentu yang sulit diperoleh. Seringkali, ini ada hubungannya dengan teknologi.
4. Meningkatkan kapasitas finansial
Jika kemampuan keuangan perusahaan tidak cukup kuat untuk mendukung operasional bisnis, maka konsolidasi adalah cara untuk mengatasinya.
5. Pajak
Perusahaan dengan penghasilan kena pajak yang besar dapat bergabung dengan perusahaan yang menerima kompensasi kerugian pajak yang besar.
Ketika keduanya bergabung, total kewajiban pajak perusahaan gabungan lebih rendah daripada jika perusahaan didirikan secara independen.
Baca juga: Contoh perusahaan merger
Jenis-Jenis Merger
Ada banyak jenis merger dalam dunia bisnis. Jenis merger ini dilakukan sesuai dengan tujuan perusahaan yang terlibat.
Berikut adalah beberapa jenis merger yang paling umum, atau yang sering dialami banyak perusahaan:
1. Merger horizontal
Penggabungan horizontal adalah penggabungan antara pesaing bisnis.
Dua bisnis yang digabungkan adalah bisnis yang beroperasi di pasar yang sama dan menawarkan produk atau layanan serupa.
2. Merger vertikal
Penggabungan jenis ini dilakukan oleh dua perusahaan yang beroperasi dalam rantai pasokan yang sama.
Biasanya, merger vertikal melibatkan perusahaan pemasok atau distributor yang bermitra dengan bisnis utama.
3. Merger perluasan pasar
Penggabungan jenis ini dilakukan oleh dua perusahaan yang menjual produk atau jasa yang serupa atau identik tetapi beroperasi di pasar yang berbeda.
Dengan cara ini, perusahaan baru yang didirikan dapat memasuki pasar yang lebih besar dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Baca juga: Cara Menghitung Average Down
4. Merger perluasan produk
Merger untuk memperluas produk adalah merger oleh dua perusahaan yang menjual produk atau layanan terkait dan beroperasi di pasar yang sama.
Hal yang perlu diperhatikan dari merger ini adalah produknya harus berbeda, namun terkait.
Dengan demikian, mereka menggunakan saluran distribusi, proses produksi, atau rantai pasokan yang serupa dan terkait.
5. Merger konglomerat
Bisakah bisnis yang sama sekali tidak terkait digabungkan?
Ya, tentu saja. Ketika dua perusahaan yang sama sekali tidak terkait digabungkan, itu disebut kombinasi bisnis bersama.
Menurut Institute of Corporate Finance, merger itu berisiko dan sulit karena perbedaannya sangat besar.
Tujuan merger perusahaan
Sederhananya, tujuan merger adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan. Pengaruh perusahaan, segmentasi pasar dan efisiensi produksi dapat diperluas dengan lebih baik melalui kombinasi bisnis.
Dengan memperluas segmen pasar yang sebelumnya hanya menjangkau beberapa jenis konsumen, perusahaan gabungan tersebut akan mendapatkan keuntungan berupa aliran pembeli baru untuk produk-produknya.
Di sisi lain, efisiensi kegiatan produksi juga akan dicapai dengan penyesuaian modal dan pengurangan biaya pajak.
Jika sebelumnya dua jenis aset membiayai proses produksi dua produk, kini kedua jenis aset tersebut telah disesuaikan untuk pengoperasian satu produk.
Manfaat Lain dari Merger
Untuk kebutuhan strategis atau bisnis tertentu, merger dapat memberikan banyak keuntungan dalam hal pertumbuhan perusahaan, mengurangi pesaing, meningkatkan jangkauan penjualan dan meningkatkan kualitas produk.
Berikut adalah beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh dari merger perusahaan:
1. Menambah Profitabilitas Bisnis
Ketika beberapa perusahaan digabungkan menjadi satu, modal yang disuntikkan juga lebih besar. Karena dalam hal ini juga terjadi konsolidasi aset dan modal.
Dengan mendapatkan modal yang lebih banyak, tentunya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.
2. Memperluas Market Share
Salah satu strategi bisnis untuk pertumbuhan yang lebih cepat adalah diversifikasi. Diversifikasi mengacu pada menciptakan produk atau layanan baru dan memperluas ke pasar sasaran lainnya.
Strategi ini membutuhkan banyak modal, tetapi juga memiliki risiko tinggi. Oleh karena itu, untuk menekan potensi kerugian, perseroan mengambil kebijakan konsolidasi.
3. Menggabungkan Lini-Lini Terkuat Dua Perusahaan
Ketika beberapa perusahaan yang sinergis memadukan keunggulannya masing-masing, pasti akan menghasilkan kekuatan yang lebih besar.
Kerjasama perusahaan dapat meningkatkan efisiensi manajemen perusahaan, mulai dari sumber daya manusia hingga proses produksi. Memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuan mereka dengan mudah dan cepat.
4. Melengkapi Kelemahan Masing-Masing Perusahaan
Setiap perusahaan pasti memiliki kekurangan. Terkadang kekurangan ini dapat menghambat pertumbuhan bisnis.
Untuk menghindari hal tersebut, perusahaan-perusahaan memutuskan untuk melakukan merger guna meminimalkan atau bahkan menghilangkan dampak dari kelemahan mereka.
5. Meningkatkan Value Perusahaan di Mata Investor
Perusahaan gabungan akan meningkatkan nilai perusahaan. Karena berkat kerja sama beberapa perusahaan, kualitas dan kinerjanya semakin baik.
Hal ini dapat membuat investor tertarik untuk berinvestasi di perusahaan gabungan tersebut.
Baca juga: Jenis-jenis merger
Tantangan yang Dihadapi Perusahaan saat Merger
Penggabungan perusahaan yang sukses harus mempertimbangkan tantangan apa yang mungkin dihadapinya jika keputusan ini dibuat.
Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Persaingan sehat
Merger sering memiliki dampak yang signifikan pada industri di mana bisnis gabungan beroperasi.
Padahal, karena cakupan pasar yang terlalu luas, dapat merusak persaingan yang sehat, apalagi jika perusahaan yang digabung adalah dua perusahaan besar.
Di beberapa negara, terdapat regulator untuk mengatur dan memastikan persaingan yang sehat. Sehingga jika itu terjadi, perusahaan gabungan tersebut bisa saja dilarang beroperasi.
Jadi sangat penting untuk memastikan hal ini tidak terjadi.
2. Retensi karyawan
Ada kemungkinan besar reorganisasi pasca-merger.
Perubahan yang ditimbulkan dari penggabungan kedua perusahaan tersebut dapat mempengaruhi retensi karyawan.
Perusahaan harus dapat membuat seluruh karyawannya merasa aman dan terpercaya meskipun ada perubahan untuk menghindari pergantian karyawan yang tinggi.
Jika banyak karyawan yang keluar, perusahaan akan membutuhkan banyak waktu dan uang untuk merekrut orang baru.
3. Integrasi
Integrasi merupakan hal penting yang harus dilakukan jika akan dilakukan merger. Kegagalan untuk melakukan ini adalah salah satu alasan kegagalan merger dan akuisisi perusahaan.
Oleh karena itu, sangat penting untuk menyiapkan rencana integrasi antara kedua perusahaan sebelum menandatangani kontrak.
4. Mempertahankan kepercayaan stakeholder penting
Tentu saja, tidak semua pemangku kepentingan senang dengan keputusan merger tersebut.
Salah satu tantangan utama yang dihadapi perusahaan saat merencanakan merger adalah kehilangan kepercayaan dari pemangku kepentingan penting dalam operasi perusahaan, seperti karyawan, distributor, pemasok, dll.
5. Hubungan internasional
Penggabungan antar negara juga dimungkinkan, dan tantangan yang mungkin terjadi adalah perbedaan budaya dan masalah bahasa.
Ini tidak mudah untuk diatasi dan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri.
Contoh Merger di Indonesia
Merger bukanlah hal baru dalam dunia bisnis, dan mungkin saja perusahaan yang Anda kenal sebenarnya adalah hasil merger dua perusahaan sebelumnya. Beberapa contoh penggabungan adalah sebagai berikut.
1. PT Lippo Karawaci Tbk
Lippo Karawaci adalah salah satu merger korporasi paling sukses di Indonesia.
Menurut Detik Finance, Grup Lippo memiliki delapan perusahaan, yaitu PT Lippo Land Development Tbk, PT Siloam Healthcare Tbk, PT Aryaduta Hotels Tbk, PT Lippo Karawaci Tbk, PT Kartika Abadi Sejahtera, PT Sumber Waluyo, PT, Ananggadipa Berkat Mulia dan PT Metropolitan Tata Nugraha.
2. Bank CIMB Niaga
Bank CIMB Niaga melakukan merger dengan Bank Lippo pada tahun 2008 untuk memperkuat posisinya dalam persaingan global.
Penggabungan tersebut merupakan hasil dari kebijakan Bank Indonesia.
Kini, kedua perusahaan menggabungkan aset dengan potensi yang lebih besar.
3. PT Toyota Astra Motor
PT Toyota Astra Motor merupakan hasil merger empat perusahaan, yaitu PT Multi Astra Tbk, PT Toyota Mobilindo Tbk, PT Toyota Astra Motor Tbk dan PT Toyota Engine Indonesia Tbk.
Keempat perusahaan tersebut bergabung menjadi Indonesian Toyota Motor Import Corporation dengan nama PT Toyota Astra Motor.
4. Rucika-Wavin
Rucika adalah merek pipa asli standar di Jepang. Sedangkan Wavin merupakan brand yang berasal dari benua Eropa.
Kedua perusahaan tersebut tergabung dalam industri pipa ledeng dan telah memutuskan untuk melakukan merger guna memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar.
5. Bank Syariah Indonesia
Tidak hanya perusahaan swasta yang dapat bergabung, tetapi perusahaan milik pemerintah juga dapat bergabung. Bank Syariah Indonesia sebagai perusahaan hasil merger merupakan gabungan dari 3 bank yaitu PT.
Bank Syariah Mandiri, PT. BRI Islamic Bank Tbk dan PT. Bank Syariah BNI. Penggabungan ketiga perusahaan tersebut dicatatkan di bursa saham dengan kode ticker BRIS.
6. Gojek dan Tokopedia (GOTO)
Contoh merger bisnis yang populer di Indonesia terakhir kali adalah merger Gojek dan Tokopedia menjadi GOTO.
Pada 17 Mei 2021, kedua startup unicorn Indonesia ini memutuskan untuk “menikah” dan menjalankan bisnis bersama di bawah kepemimpinan seorang direktur.
Setelah merger, GOTO akhirnya bisa mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia dengan tren harga yang positif.
7. Toyota Astra Motor
Tahukah Anda bahwa Toyota yang Anda kenal sekarang sebenarnya adalah hasil merger empat perusahaan, yaitu PT Toyota Astra Motor, PT Toyota Mobilindo, PT Multi Astra dan PT Toyota Engine Indonesia.
Keempat perusahaan tersebut bergabung menjadi Toyota Motor Import Indonesia.
Demikianlah informasi tentang implikasi merger dan hal-hal terkait. Nah, sekarang tentunya sudah jelas apa itu merger dan perbedaan antara merger dan akuisisi.
Jadi, penting untuk diingat bahwa penggabungan dua atau lebih perusahaan tidak bisa asal-asalan, perlu rencana yang matang agar berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat!