7+ Contoh Perusahaan Akuisisi Teknologi Indonesia !

Contoh perusahaan akuisisi

Contoh perusahaan akuisisi – Ada banyak contoh merger dan akuisisi perusahaan terkenal dengan valuasi tinggi.

Akuisisi dan merger perusahaan adalah hal yang biasa. Tindakan tersebut merupakan pilihan bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Dunia bisnis telah melihat beberapa contoh akuisisi dan merger profil tinggi yang cukup mencolok dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2022, akan terjadi sejumlah akuisisi dan merger di antara perusahaan teknologi Indonesia.

Sejak awal tahun ini, aksi korporasi berupa akuisisi (pembelian) dan penggabungan (merger) memang kerap terjadi. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut meskipun ada ancaman resesi ekonomi global.

Melihat kembali ke tahun 2022, kami meninjau beberapa akuisisi dan merger oleh perusahaan teknologi Indonesia tahun ini.

Daftar Contoh Perusahaan Yang Melakukan Akuisisi dan Merger

Berikut beberapa perusahaan teknologi di Tanah Air dan perusahaan akuisisi dunia yang mencatatkan akuisisi dan merger dari tahun hingga tahun ini, antara lain:

Baca juga: Perbedaan akuisisi dan merger

1. Google Akuisisi Android

Pada tahun 2005, Google mengakuisisi Android seharga US$50 juta atau setara dengan Rp73,2 triliun (dengan kurs Rp 14.632 menjadi US$1).

Android masih merupakan startup pada saat itu dan sebelum ada di mana-mana, Android berhasil mengadu domba Google dengan pasar yang didominasi oleh Microsoft dan Apple.

Bahkan, jumlah pengguna Android kini lebih banyak dari dua perusahaan ternama tersebut, yakni mencapai 70%.

2. Disney Akuisisi Pixar/ Marvel

Perusahaan terkenal yang juga melakukan akuisisi adalah Disney. Perusahaan mengakuisisi Pixar pada tahun 2006 seharga US$7,4 miliar, setara dengan 108 triliun rupiah (14.632 rupiah menjadi US$1 dengan kurs).

Angka ini sangat luar biasa pada saat itu dan mengejutkan banyak orang. Namun mega-akuisisi telah terbayar, dengan beberapa hit termasuk “Robot Story” dan “Toy Story 3” menghasilkan miliaran dolar.

Dan, tiga tahun setelah Disney berhasil mengakuisisi Pixar, perusahaan tersebut melalui proses yang sama dengan Marvel Entertainment. Akuisisi tersebut juga menjadi salah satu akuisisi tersukses setelah Box Office. 

3. Grup Djarum Akuisisi PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR)

Grup Djarum adalah salah satu perusahaan terkemuka Indonesia yang melakukan akuisisi.

Djarum Group melalui anak usahanya PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) resmi mengakuisisi 94,03% saham PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR), dengan nilai transaksi Rp 16,73 triliun.

Baca juga: Perbedaan merger akuisisi dan konsolidasi

4. Merger Indosat dan Tri Indonesia 

Merger perusahaan ternama yang juga menarik perhatian masyarakat Indonesia adalah penggabungan dua perusahaan telekomunikasi nasional, PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I).

Penggabungan perusahaan telekomunikasi tersebut berlaku efektif mulai 4 Januari 2022. Berbagai sumber menyebutkan potensi nilai dari dua merger tersebut mencapai US$6 miliar atau sekitar Rp 87,8 triliun (Rp 14.632/USD).

5. Grup Medco Akuisisi ConocoPhillips

Contoh akuisisi perusahaan terkemuka yang tercantum di bawah ini termasuk emiten pertambangan PT Medco Energi Internasional Tbk.

Emiten migas yang didirikan pengusaha Arifin Panigoro itu sukses mengakuisisi seluruh saham yang dikeluarkan ConocoPhillips Indonesia Holdings Bhd.

(CHIL), dengan nilai akuisisi US$1,35 miliar atau setara dengan Rp19 triliun (kurs Rp14.632 menjadi US$1).

6. Blibli Akuisisi Pengelola Ranch Market

Grup Djarum terus memperluas bisnisnya. Anak usaha Djarum PT Global Digital Niaga (GDN) atau lebih dikenal dengan Blibli telah resmi menyelesaikan akuisisi 51% saham PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC), yang mengelola Ranch Market. Akuisisi tersebut kabarnya bernilai Rp 2,03 triliun.

7. PT XL Axiata Akuisisi PT Link Net

Salah satu akuisisi tahun ini adalah PT XL Axiata yang mengakuisisi PT Link Net. Pada Juni 2022, Axiata Group Berhad dan XL Axiata menyelesaikan proses akuisisi saham Link Net (LINK).

66,03%, senilai RM2,63 miliar atau sekitar Rp 8,72 triliun. Proses akuisisi ini merupakan bagian dari upaya XL untuk memperluas penawaran layanan digital dan keterlibatan masyarakat.

Baca juga: Apa itu akuisisi?

8. Tiket.com Merger dengan BliBli

Penyedia layanan pemesanan tiket pesawat Tiket.com yang tergabung dalam BliBli Marketplace (PT Global Digital Niaga) juga melakukan langkah korporasi. Penggabungan kedua perusahaan akan dilakukan pada Oktober 2022.

Selain dua perusahaan tersebut, supermarket Ranch Market juga tergabung dalam entitas joint venture BliBli Tiket. Hingga awal November 2022, perusahaan gabungan tersebut akhirnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham “BELI” setelah penawaran umum perdana (IPO).

Itu dia merupakan beberapa contoh akuisisi dan merger oleh perusahaan yang terkenal. Akuisisi dan merger adalah hal biasa dalam pengembangan bisnis.