Apa Itu Annual Report

Apa Itu Annual Report? Definisi, Tujuan, dan Cara Membuatnya !!

Diposting pada

Apa itu annual reportAnnual report merupakan komponen penting yang sudah menjadi keharusan bagi setiap perusahaan atau organisasi.

Struktur, jenis, dan tujuan Annual report masing-masing perusahaan memang bisa berbeda-beda.

Jadi, apa sebenarnya Annual report itu? Apakah penting bagi perusahaan?

Selanjutnya Go-Pena akan membahasnya melalui rangkuman berikut, silahkan baca selengkapnya!

Apa Itu Annual Report?

Annual report, sebagaimana didefinisikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), adalah catatan tahunan yang menggambarkan kondisi operasi suatu perusahaan atau bank.

Biasanya termasuk neraca dan laporan laba rugi dan deskripsi operasi perusahaan. Itu juga dilengkapi dengan laporan audit.

1. Informasi Apa yang Terkandung dalam Annual Report? 

Melalui dokumen ini perusahaan mengkomunikasikan informasi tentang perkembangan bisnis dan pencapaian yang dicapai. Didukung sepenuhnya oleh data dan informasi yang dapat ditafsirkan dan akurat.

Sekaligus menjabarkan prospek dan proyeksi ke depan yang ingin dicapai perusahaan di tahun mendatang.

2. Siapa yang Membutuhkan Annual Report?

Annual report memberikan ringkasan informasi penting perusahaan bagi pemegang saham, internal perusahaan, kreditur dan pihak berkepentingan lainnya. 

3. Apa Bedanya Laporan Keuangan dan Annual Report?

Annual report sebenarnya adalah kumpulan laporan keuangan selama satu tahun yang dirangkum dan disajikan dalam bentuk yang lebih mudah dipahami oleh publik.

Annual report menggambarkan laporan keuangan satu tahun dengan cara yang lebih menarik jika laporan keuangan berisi tabel untuk analisis internal perusahaan. Tujuannya agar pembaca lebih memahami sejarah perkembangan perusahaan.

Bedanya, Annual report bukan sekadar laporan keuangan.

Dipenuhi dengan infografis, ilustrasi, foto, gambar, dan deskripsi, Annual report merupakan dokumen penting yang juga menceritakan aktivitas perusahaan sepanjang tahun.

Baca juga: Contoh annual report

Apa Definisi Annual Report?

Annual report adalah dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada pemegang saham atau pemegang saham, pemangku kepentingan, serta internal dan eksternal.

Menurut Investopedia, Annual report memuat gambaran operasi dan kondisi keuangan perusahaan.

Lembaga reksadana terdaftar atau reksa dana juga harus mendistribusikan Annual report kepada pemegang saham setiap tahun.

Biasanya di awal Annual report akan ada kombinasi grafik, foto dan narasi, yang berisi kegiatan perusahaan untuk tahun depan dan ramalan untuk beberapa tahun ke depan.

Annual report atau laporan tahunan ini bersifat hukum dan menjadi persyaratan tahunan yang harus dipenuhi perusahaan.

Mengapa demikian? Karena itu sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan atau transparansi kegiatan operasional dan keuangan selama satu tahun terakhir.

Annual report diterbitkan untuk kemudian digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja keuangan perusahaan dan bagi pemegang saham untuk mengambil keputusan investasi.

Komponen Umum Annual report 

Annual report setiap organisasi atau perusahaan memiliki format atau komponen yang berbeda. Namun, menurut Investopedia, komponen Annual report biasanya meliputi:

  • Informasi umum perusahaan.
  • Highlight informasi dari annual report mengenai operasional dan keuangan. 
  • Kata pengantar yang ditujukan oleh shareholders atau pemegang saham. 
  • Teks narasi, grafik data, dan foto. 
  • Management’s discussion and analysis atau MD&A.
  • Bagian finansial yang termasuk di dalamnya: balance sheet atau neraca keuangan, pendapatan, dan arus kas.
  • Catatan untuk bagian finansial. 
  • Laporan audit perusahaan. 
  • Rangkuman/ summary dari data finansial. 
  • Accounting policies atau kebijakan yang ditetapkan perusahaan terkait laporan finansial. 

Catatan yang perlu ditambahkan, biasanya perusahaan akan menambahkan keterangan lain selain checkout.

Baca juga: Perbedaan akuisisi dan merger

Manfaat Annual Report

Annual report sangat penting dan diperlukan bagi perusahaan. Menurut Wall Street Mojo, manfaat memiliki laporan tahunan bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Annual report: Memberikan informasi dan pengungkapan tentang prospek usaha dan kinerja keuangan perusahaan, pemangku kepentingan atau pemangku kepentingan, termasuk investor, auditor, pejabat pemerintah dan lain-lain. 
  • Investor Baik institusi maupun individu akan menggunakan Annual report sebagai bahan analisis laporan keuangan untuk menilai prospek perusahaan.
  • Annual report Membantu pemerintah dengan masalah pajak dan audit. Ini karena Annual report adalah standar yang digunakan perusahaan untuk melaporkan kinerja bisnisnya.

Batasan atau Limitasi

Walaupun sudah menjadi standar dan persyaratan wajib bagi setiap organisasi atau perusahaan, Annual report ini tetap memiliki keterbatasan yaitu:

  • Annual report Sangat komprehensif tetapi tidak selalu lengkap. Terkadang laporan atau Annual report hanya digunakan untuk pelaporan wajib. 
  • Biasanya, Annual report dibuat untuk menarik investor, sehingga perspektif dan cara penulisan Annual report dibuat semenarik dan sekualitas mungkin. 
  • Karena Annual report didasarkan pada kinerja masa lalu (satu tahun lalu), kinerja masa depan tidak selalu dapat diukur dengan benar.

Baca juga: Apa itu akuisisi?

Cara Menulis Annual Report

Menurut Investopedia, sebelum menulis Annual report, ada beberapa hal umum yang harus dilakukan dan cara penulisannya.

Seperti yang sudah dijelaskan, Annual report memiliki komponen atau bagian yang harus dicantumkan dalam laporan.

Bagian ini memuat informasi yang diperlukan untuk mempublikasikan laporan sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi perusahaan.

Bagaimana cara menulis Annual report? 

  1. Rekrutmen perusahaan audit. Itulah yang dilakukan sebagian besar perusahaan, mereka menyewa firma audit. Dengan demikian, penulisan Annual report dibantu oleh pihak ketiga.
  2. Mulailah dengan mengirimkan “surat” kepada pemegang saham
  3. Berikan penjelasan dan deskripsi tentang keadaan bisnis dan industri saat ini
  4. Annual report harus mencakup laporan keuangan, meliputi: neraca, pendapatan dan pengeluaran, dan laporan arus kas.
  5. Meliputi narasi, visualisasi data, grafik dan penjelasan selanjutnya. 

Nah, itu tadi adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang annual report.

Ingat, Annual report adalah bagian wajib dari perusahaan yang harus diselesaikan.

Perusahaan harus mengajukan Annual report yang menunjukkan kondisi keuangan dan operasi mereka.

Annual report ini akan membantu untuk menilai dan memahami arah masa depan perusahaan dan untuk menemukan calon investor.

Tujuan Annual Report

Tujuan utama Annual report perusahaan adalah untuk menyampaikan informasi yang efektif tentang status keuangan perusahaan, kinerja, perubahan, keputusan, aktivitas, dan informasi lainnya dalam satu tahun. 

Fungsi Annual Report

Fungsi annual report dapat dilihat dari perannya sebagai:

  1. Penyedia informasi yang valid. Setiap penyajian data, grafik dan deskripsi kegiatan usaha selama satu tahun yang dimasukkan dalam Annual report menjadi acuan yang dapat diverifikasi.
  2. Media pemasaran. Annual report yang kreatif dan ‘cerna’ dapat menjadi alat pemasaran yang menarik semua pemangku kepentingan lebih dari bersedia untuk menanamkan kepercayaan mereka dalam bentuk ekuitas.

Aturan dan Kewajiban Pelaporan Annual Report

Apakah perusahaan perlu mengeluarkan Annual report?

Terkait persyaratan dan regulasi, negara telah merumuskan “Peraturan Kementerian Perdagangan tentang Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan”, yaitu “Permendag No. 1”. Surat Perintah Nomor 25 Tahun 2020, berlaku efektif sejak 19 Maret 2020.

Peraturan ini disusun untuk menggantikan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 1. 121/MPP/KEP/2/2002, namun disesuaikan dengan keadaan saat ini.

Secara umum, aturan penyusunan Annual report adalah sebagai berikut:

  1. Dapatkan persetujuan sebelum melaporkan. Annual report disampaikan melalui Direktorat Jenderal Bina Usaha setelah diaudit oleh akuntan publik dan disetujui oleh Rapat Umum Pemegang Saham atau komisaris perusahaan yang berwenang.
  2. Pengajuan dilakukan melalui sistem SIPT. Annual report harus diajukan dalam waktu 6 bulan sejak laporan keuangan terakhir. Perusahaan harus membuat akun di platform Kementerian Perdagangan, Sistem Informasi Perizinan Terpadu atau SIPT.
  3. Tersedia untuk akses publik. Kementerian Perdagangan memperbolehkan masyarakat untuk memperoleh Annual report perusahaan dengan meminta bayaran kepada Dirjen.
  4. Ada sanksi. Dokumen Mendag No. 25 Tahun 2020 mengatur sanksi bagi perusahaan yang melanggar peraturan, yaitu bagi yang tidak menyampaikan laporan tahunan sesuai peraturan akan diberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis, dan usahanya izin atau operasi perusahaan akan dicabut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Contoh perusahaan akuisisi

Bagan-Bagan di dalam Annual Report

AR menyertakan bagan yang dapat membantu investor dan kreditor lebih memahami perusahaan.

Dibandingkan dengan ketika mereka melihat sekumpulan laporan keuangan umum. Berikut adalah grafik AR:

  1. Surat kepada Pemegang Saham.
  2. Highlight Laporan Keuangan dan Kondisi Keuangan Perusahaan dari Tahun ke Tahun.
  3. Analisis dan Pembahasan Manajemen.
  4. Catatan Manajemen dalam Laporan Keuangan dan Kontrol Internal.
  5. Pernyataan Auditor terhadap Laporan Keuangan.
  6. Laporan Keuangan termasuk:
    • Laporan Keuangan Neraca
    • Laporan Laba Rugi
    • Ekuitas Pemegang Saham
    • Laporan Arus Kas
    • Catatan atas Laporan Keuangan
    • Daftar Nama Direktur dan Komisaris

Perbedaan Annual Report dengan Laporan Keuangan

Seperti yang Anda lihat, AR memberi pengguna eksternal pandangan yang lebih rinci tentang kesehatan keuangan perusahaan.

AR tidak hanya memperkenalkan status keuangan perusahaan kepada pengguna eksternal, tetapi juga menjelaskan keunggulan kompetitif perusahaan dan rencana proyeksi masa depan kepada pengguna eksternal.

Untuk pengguna eksternal, melihat AR akan memberi mereka informasi yang lebih efektif daripada sekumpulan laporan keuangan komparatif.

AR sering disajikan dalam bentuk grafik, foto, ilustrasi, dan diagram. Rupanya, bentuk AR terlihat lebih menarik daripada sekumpulan laporan keuangan.

Dalam arti lain, AR adalah laporan dimana manajemen dapat menceritakan kisah pencapaian perusahaan dan menarik investor baru ke perusahaan.

Meskipun AR memiliki elemen pemasaran, tujuan sebenarnya adalah menyampaikan informasi keuangan kepada pengguna eksternal.

Cara Menyusun Annual Report yang Tepat

Proses Akuisisi Melalui Direksi Perseroan atau PT Terbuka

Membuat Annual report yang tidak membosankan memang membutuhkan keahlian khusus. Dengan cara ini calon investor dan kreditor tertarik untuk berinvestasi dan meminjamkan modal untuk bisnis Anda.

Ya, tidak hanya untuk perusahaan besar tetapi juga usaha kecil dapat menggunakan laporan tahunan sebagai strategi bisnis untuk menarik investor.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyusun Annual report yang menarik:

1. Berisi Informasi yang Lengkap

Laporan tahunan harus memuat informasi selengkap mungkin tentang perusahaan atau bisnis Anda dan harus dapat dijelaskan dengan baik sehingga mudah dipahami, mulai dari sejarah perusahaan, gambaran umum bisnis, visi dan misi, milestone, dll.

2. Highlight Pencapaian Perusahaan

Kinerja perusahaan menjadi sorotan utama bagi investor. Pencapaian perusahaan tidak terbatas pada masalah pendapatan saja, tetapi juga mencakup hal-hal lain yang (intinya) berdampak positif bagi pembangunan berkelanjutan perusahaan.

Sertakan informasi pendukung untuk membuat bagian tersebut menarik, seperti testimonial.

3. Visualisasi Angka

Agar tidak monoton, penyampaian angka-angka tersebut sebaiknya dikonsep secara menarik melalui infografis. Tidak hanya menyenangkan, infografis juga memudahkan pembaca untuk cepat memahami informasi yang disampaikan.

Sebagai pengingat, Anda bisa membuat infografis dengan tema tertentu sesuai dengan karakteristik perusahaan Anda.

4. Menggunakan Tema yang Sesuai Karakteristik Perusahaan

Menerapkan tema khusus perusahaan pada sebuah infografis akan memberikan nilai daya tarik tersendiri.

Mengadopsi semua elemen tema yang sama yang sesuai dengan karakter perusahaan. Mulailah dengan tipografi, warna, desain, foto, ilustrasi, dan lainnya.

Menerapkan tema ini pada laporan tahunan ini secara tidak langsung membantu meyakinkan pembaca bahwa perusahaan ini sangat profesional.

5. Menyajikannya dengan Interaktif

Kertas pop-up dapat digunakan untuk menampilkan konten infografis atau menambahkan kode QR ke bagian tertentu. Oleh karena itu, pembaca dapat memindai kode QR untuk menonton video melalui perangkat seluler (smartphone).

Mengenal Baik Perusahaannya sebelum Membeli Saham

Salah satu cara sukses menghasilkan uang dengan berinvestasi di saham adalah mengenal perusahaan.

Coba cari informasi yang relevan dari perusahaan-perusahaan yang Anda minati (baik itu emiten maupun emiten), seperti industri ekonomi apa yang digeluti perusahaan tersebut, apakah berpotensi, apakah sedang tren atau memiliki permintaan yang besar.

Dengan mendapatkan wawasan tentang perusahaan penerbit, Anda tidak hanya meningkatkan peluang menghasilkan keuntungan dengan berinvestasi di saham Anda, tetapi juga mengurangi risiko kerugian.

Kesimpulan

Terakhir, Annual report lebih dari sekadar memenuhi kewajiban perusahaan publik. Sebaliknya, itu adalah “senjata” pemasaran yang dapat meyakinkan pemangku kepentingan.

Annual report dapat dikatakan sebagai teleskop publik bagi integritas dan reputasi perusahaan. Oleh karena itu, penyusunan Annual report harus serius dan memiliki tim yang berdedikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *